MENU

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing, sesuai dengan namanya, adalah penggunaan email sebagai alat bantu untuk marketing suatu produk ataupun jasa.

Email seperti apa?

Dalam arti luas, istilah ini mencakup setiap email yang pernah dikirim kepada pelanggan, baik itu pelanggan berpotensi ataupun siapa saja yang ingin ditawarkan produk ataupun jasa. Secara umum, email marketing memiliki beberapa tipe:

Mengirim email yang berisikan promosi secara langsung untuk memperoleh pelanggan baru atau membujuk pelanggan yang sudah ada untuk membeli lagi. (Direct Email)

Mengirim email marketing yang dirancang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan melalui komunikasi dengan sarana email. (Newsletter)

Menempatkan iklan yang akan dikirimkan oleh orang lain. (Menempatkan iklan pada email newsletter)

Mengapa email marketing sangat populer?

Email pemasaran sangat populer karena:

Mengirimkan email jauh lebih murah dibandingkan kebanyakan bentuk penyebaran informasi ataupun bentuk komunikasi lainnya.

Email memungkinkan Anda menyampaikan pesan Anda kepada setiap orang melalui alamat email  (tidak seperti situs web, di mana konsumen harus datang untuk melihat pesan Anda)

Email Marketing telah terbukti sangat sukses bagi mereka yang melakukannya dengan benar. Coba lihat: Groupon ataupun Airasia

Berikut adalah 3 tipe dari Email Marketing yang akan dibahas lebih detail.

Direct Email

Direct Email merupakan pengiriman pesan promosi dalam bentuk email secara langsung dari list email pelanggan atau calon pelanggan Anda . Pengiriman email ini dapat dalam bentuk Katalog, Brosur, Kuisioner, Berita dan masih banyak lagi.

Pesan yang dikirim dapat berupa text biasa, HTML ataupun yang berisikan pesan multimedia. Email yang di kirim biasanya lebih berbentuk Iklan berbasiskan web dibandingkan pesan email pada umumnya.Penggunaan Direct Email Marketing ini sangat erat hubungannya dengan Spam. Banyak pihak menyalahgunakan fungsi dari Direct Email Marketing untuk mem-“Bombardir” email tujuan dengan harapan penerima email dapat menerima pesan yang dikirim oleh pengirim. Padahal pendekatan seperti ini lebih banyak efek buruknya dari pada manfaatnya. Direct Email Marketing yang baik adalah pengiriman Email kepada alamat email tertentu dikarenakan Penerima secara suka rela memperbolehkan Pengirim untuk menginformasikan suatu informasi penting dalam bentuk Email. Biasanya Email Marketer (Orang yang mengoperasikan Email Marketing) akan membuat suatu form di halaman website untuk menjaring alamat email pengunjung.

Retention Email

Bisnis, terutama yang beoperasi pada pasar yang sangat kompetitif bergantung kepada konsumen lama untuk terus menggunakan atau membeli produk dan jasa, dapat secara pasti memberitahukan kepada Anda betapa pentingnya Retention Email dalam bisnis mereka. Menurut hasil Riset, mendapatkan konsumen baru bisa memakan biaya 3-4 kali lebih besar dari pada menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga konsumen lama terus menggunakan produk dan jasa kita.Jadi apakahRetention Email itu? Retention Email adalah salah satu bentuk dari email marketing. Retention adalah cara unguk mempertahankan konsumen lama yang sangat krusial bagi semua bisnis. Melihat dari pengertiannya Retention Email dapat diartikan dengan bentuk Email Marketing yang tujuan dan isi nya adalah untuk  menjaga relasi dan komunikasi dengan konsumen lama sekaligus menawarkan produk maupun jasa baru dengan pendekatan yang berbeda. Konsumen yang loyal dapat menumbuhkan bisnis Anda secara signifikan sehingga penting untuk mempergunakan Retention Email Marketing dalam keseimbangan bisnis, terutama bisnis di market yang sangat kompetitif.

Beriklan di Email orang lain.

Beriklan di Email orang lain berupakan bentuk lain dari Email Marketing. Bagi anda yang percaya terhadap Publisher Email terntentu, Anda dapat membayar sejumlah Rupiah kepada para Publisher tersebut untuk menempatkan iklan Anda di sejumlah titik pesan email yang mereka kirimkan. Memang, ada banyak Publisher Email yang membuatnya dengan tujuan hanya untuk ini – yaitu menjual ruang iklan kepada orang lain yang membutuhkan.

Semua terdengar sangat menarik bukan? Bayangkan betapa murahnya untuk mengirimkan email ke ribuan bahkan jutaan alamat email. Coba bandingkan dengan pengiriman ribuan atau jutaan surat melalui alamat post?

Hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Di samping kompleksitas dari design email itu sendiri dan mengirimkan email kepada orang yang tepat, membuat orang membaca email tersebut dan merespon pesan anda tidaklah mudah. Analisa dari statistik dengan baik dapat membantu setahap demi setahap kita menemukan apa yang diingikan oleh Konsumen.

Tentu saja, kita tidak boleh melupakan Otorisasi dari penerima email.

Apa itu otorisasi?

Email Marketing yang bertanggungjawab dimulai dari sebuah cara untuk menghargai privasi seseorang. Ini merupakan masalah yang sangat kompleks yang terus diperdebatkan oleh berbagai komunitas email marketing.

Pada intinya, Anda memerlukan ijin dari pemilik alamat email sebelum anda mengirimkan email komersial kepada mereka. Jika Anda tidak memiliki ijin, maka penerima dapat memperlakukan pesan email anda sebagai spam; Anda tidak ingin mengirimkan Spam bukan?

Contoh dari otorisasi adalah ketika konsumen membeli produk secara online dan juga memilih opsi “Kirimkan saya informasi update produk melalui email”. Maka sekarang anda telah memiliki otorisasi untuk mengirimkan email kepada pemilik alamat email tersebut, kemudian Anda juga harus menyediakan fitur untuk menghapus otorisasi tersebut atau biasa disebut dengan fitur unsubscribe.

thank_you_for_chosing

Kami telah mengirimkan Anda email aktivasi untuk akun DocoBlast
Mohon periksa email Anda

×