MENU

Email Subject

Inti dari Email Marketing adalah penerima membuka email yang dikirim dan memahami isinya. Dan Subjek sebuah email merupakan umpan yang harus di tangkap – untuk mengklik dan membuka pesan email yang dikirim. Tidak peduli seberapa hebad nya isi email anda, sukses kriteria dari sebuah kampanye email adalah bagaimana cara agar penerima email mau membuka email yang dikirim. Bagaimana caranya? Buatlah Subjek email yang kreatif yang membuat penerima email penasaran ingin membaca isinya.

Sudah dapat kata kuncinya? Kreatif sehingga bisa menciptakan efek penasaran.

Jadi bagaimanakah sebaiknya sebuah Subjek Email yang baik?

  1. Menarik. Subjek email harus menarik, memberikan keunggulan yang langsung, memberikan penerima rasa penasaran untuk membuka email tersebut sekarang bukan nanti. Sebagai contoh, “Diskon 50% untuk semua item, berakhir besok”. Kata kata tersebut memotivasi sebuah aksi nyata untuk membuka email – tidak ketinggalan diskon yang ditawarkan. (Hint: Coba lihat, apakah Subjek Email anda bisa menjawab “Mengapa Sekarang”)
  2. Kreatif. Jadilah pembeda! Selalu ada kekacauan disetiap email kebanyakan orang. Email anda tidak harus terdengar seperti email orang lain yang membuat kekacauan tersebut. Email anda harus unik, tidak biasa – sesuatu yang tidak akan anda temukan tempat lain. Pergunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan tentunya sesuai bahasa dengan sebagian besar penerima email yang akan kita kirim. Anda mungkin harus berpikir lebih keras lagi mengenai keuntungan apa yang akan didapatkan oleh penerima yang tidak ditawarkan oleh kompetitor.
  3. Jelas. Jelaskan secara spesifik mengenai penawaran yang akan anda berikan dan jelaskan pula apa yang bisa anda lakukan untuk penerima email. Bukan “Hemat waktu dan biaya, ” melainkan “10 jam seminggu” dan “Rp. 50.000.000 sebulan”. Ucapkan keuntungan yang didapat dengan jelas dan jujur. Jangan pernah membingungkan pembaca dan membohongi pembaca. Anda membohongi pembaca, siap siap untuk kehilangan mereka selamanya.
  4. Keahlian. Tunjukan kepada mereka, kalau anda dapat memberikan apa yang di inginkan oleh penerima email. Sesuatu yang berharga yang dapat mengakomodir kebutuhan mereka dan memecahkan masalah yang ada. Seperti “Dapatkan payung  secara cuma-cuma pada musim hujan ini”. Dengan kata lain, apa yang akan mereka dapatkan ketika membuka email.
  5. Peduli. Tunjukkan kepedulian kepada penerima email. Apa yang membuat mereka terjaga ketika malam? Mereka khawatir terhadap pengeluaran yang banyak untuk Marketing? Masuk kedalam pikiran logis pembaca agar subjek yang dibuat benar benar mengena.

Tips lain:

  • Lebih pendek lebih baik
  • Hindari pengulangan pada subjek.
  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti tanpa perlu berpikir panjang.
  • Usahakan agar email anda mudah di baca pada hanset handphone penerima email.

thank_you_for_chosing

Kami telah mengirimkan Anda email aktivasi untuk akun DocoBlast
Mohon periksa email Anda

×