MENU

Pengetahuan Dasar Email Marketing

Email Marketing adalah salah satu metode Marketing yang paling efektif disaat ini dengan alasan yang sangat sederhana, katakanlah semua orang memiliki Email baik itu di Indonesia maupin di luar negri. Menurut pendapat saya, generasi muda yang tidak memiliki email di-era teknologi digital ini terkesan aneh, berbeda dan ketinggalan zaman.

Namun kita harus menyadari etika dalam mengirimkan kampanye Email Marketing. Karena email merupakan area yang bersifaf pribadi (memiliki privasi) dan bila kita melakukannya dengan tidak benar dapat menyinggung banyak orang.

Cara yang baik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mendapatkan persetujuan atau izin terlebih dahulu dari penerima email dan alangkah baiknya bila penerima email telah mengenal Anda sebelumnya.

Sangat penting untuk mengirimkan kampanye email Anda kepada orang yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang ingin Anda sampaikan. Dan penting untuk memilah kepada siapa Anda akan mengirim kampanye email dan kepada siapa Anda tidak menginginkan kampanye email Anda dibaca.

Keunggulan dengan membangun Opt-In List

Membangun List Email dengan persetujuan (Opt-in List) tidaklah mudah, terlebih bagi pemula. Tetapi dengan mengetahui keinginan Subscriber dapat membantu Anda membangun Opt-in List, menghemat pengeluaran dan menciptakan lebih banyak peluang penjualan.

Rancang strategi agar user secara sukarela memberikan informasi yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan konversi yang lebih baik. Informasi yang paling mendasar untuk memulai Kampanye Email adalah Nama Penerima dan Alamat Email Penerima. Informasi tambahan seperti Nomor Telp, Jenis Kelamin dan Umur juga merupakan elemen penting, tetapi bukan merupakan suatu keharusan. Pastikan bahwa profil penerima adalah informasi yang up-to-date sehingga dapat membantu Anda mengirimkan Kampanye Email kepada Target yang tepat. Penerima juga mendapatkan nilai tambah dari apa yang Anda suguhkan melalui Email tersebut.

Melacak Kampanye Email kadang cukup menyulitkan. Teknologi harus dimanfaatkan untuk membuat aspek ini lebih bisa dikendalikan. Teknologi yang tepat memberikan Anda keleluasaan dalam melakukan Kampanye Anda. Dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap teknologi lain, Docotel melalui Produknya Docoblast telah memberikan solusi terbaik untuk aspek ini sehingga kampanye email Anda lebih terkendali melalui laporan jumlah email yang terkirim, jumlah email yang telah dibuka, bounce rate / validasi database email, maupun sejumlah link yang di klik. Itu hanya merupakan sebagian kecil fitur yang di tawarkan oleh Docoblast. Untuk lengkapnya bisa di klik di sini.

Keuntungan yang berkelanjutan, bangun List Email Anda terlebih dahulu

Cara termudah membuat orang dengan sukarela untuk memberikan Emailnya adalah dengan cara memberikan sesuatu yang bernilai sebagai imbalan atas Alamat Email dan Nama mereka. Saya tidak meminta Anda untuk memberikan uang atau hadiah yang mahal, lakukan dengan benar dari awal. Pastikan Anda memberikan sesuatu yang berharga dan berguna secara cuma-cuma atau hal tersebut akan menjadi boomerang karena isi dari hadiah tersebut sebenarnya mencerminkan seberapa dalam pengetahuan Anda terhadap materi hadiah tersebut. Berikut Cara Meningkatkan Email List Anda secara tepat

Promosi dan Beriklan

Mempunyai sebuah website bukanlah merupakan suatu jaminan bahwa bisnis online Anda akan sukses. Bagaimana Anda bisa sukses jika Bisnis Anda tidak diketahui oleh pasar yang Anda bidik? Kunci dari Bisnis Online adalah membuat Bisnis Anda diketahui dengan cara memiliki kemampuan untuk menjangkau pasar yang berprospek kapan saja Anda inginkan, yaitu dengan Email Marketing.

Pastikankan Pasar Khusus Anda

Adalah sangat penting untuk mengetahui target pasar yang diinginkan untuk fokus kepada suatu hal. Akan sangat sulit, membingungkan dan memerlukan banyak tenaga apabila Anda membangun Opt-In List tanpa ada bayangan akan target pasar yang Anda inginkan. Anda tidak tahu hadiah apa yang ingin diberikan kepada calon Subscriber. Misalnya, sangat tidak relevan jika Anda mengirimkan tawaran yang berkaitan dengan fashion jika subscriber Anda lebih tertarik terhadap memancing.

Mempunyai pasar yang khusus dapat membawa Anda untuk lebih fokus terhadap Kampanye Email Anda dan dapat membuat hasil yang jauh lebih baik, karena Anda telah mengarahkan email Anda kepada orang-orang yang sangat menginginkan apa yang Anda tawarkan di dalam Kampanye Email tersebut.

Tips Menulis Email 

Hal utama yang harus dipikirkan sebelum email Anda dibaca adalah tarik perhatian penerima email untuk membacanya. Maka, hal utama adalah menulis Subjek Email dengan Benar. Visual yang menarik juga dapat mempengaruhi keinginan penerima email untuk mencari tahu lebih dalam berkenaan dengan isi pesan email tersebut. Dapat diwujudkan dari pemilihan jenis huruf, ukuran, tata letak, warna, elemen-elemen desain, gambar yang mendukung Kampanye Email Anda.

thank_you_for_chosing

Kami telah mengirimkan Anda email aktivasi untuk akun DocoBlast
Mohon periksa email Anda

×