MENU

Tutorial : E-Mail Campaigns

Create an Email Campaign

Sebelum Anda membuat dan mengirimkan kampanye email, terlebih dahulu Anda harus membuat Daftar Kontak, yang berfungsi untuk menampung semua database yang nantinya akan digunakan untuk Kampanye Email Anda, setalah proses membuat Daftar Kontak selesai anda bisa melanjutkan kelangkah selanjutnya, berikut langkah-langkah cara mudah membuat dan mengirimkan kampanye email.

 

email_campaign_details

Menu Create Email Campaign berfungsi untuk membuat kampanye email anda, Pada menu ini terdapat beberapa kolom isian yang terdiri dari

- Email Campaign Name, untuk nama kampanye yang akan anda buat 

- Email Campaign Format, untuk memilih format kampanye email yang akan anda buat 

- Email Template, untuk memilih template sesuai dengan keinginan anda

Lalu klik tombol “Next”

create_email_campaign_details

Menu  Email campaign details, berfungsi untuk menampilkan details email campaign yang akan anda buat, pada menu ini terdapat kolom isian yang terdiri dari:
- Email Subject, pada subjek email yang harus diisi karena ini akan menjadi point penting dalam hal tracking open email dan statistic lainnya.
- HTML Content, ,disini adalah proses semua template campaign email yang akan kita buat,dari mulai penguploadan image  , memasukan link URL   , merubah source code HTML     
Untuk membuat link unsubscribe klik menu “Dynamic Content”

dynamic_content

Maka akan muncul tampilan seperti diatas, anda bisa klik “Insert Unsubscribe Link”

attachment
Pada tampilan “Attachments” yaitu untuk memasukkan file dari Komputer anda jika ada.

preview_your_email
Menu Preview Your Email Campaign berfungsi untuk menampilan kampanye email yang telah anda buat, untuk melihat kampanye email anda silahkan klik “Preview Your Email Campaign” 

email_validation

Menu Email Validation berfungsi untuk mengecek email campaign anda apakah sudah terbebas dari spam dan untuk melihat tampilan dibeberapa aplikasi email. Pada menu ini teterdapat beberapa menu opsi yaitu:
- Check your email campaign for spam keywords, opsi ini berfungsi untuk melihat Indicator spam keyword anda, apakah email yang anda buat bebas dari spam atau tidak, Indikator Spam dari angka 0-5 jika diatas angka 5 berati ada beberapa keyword anda yang harus direvisi, berikut kami berikan tips agar email yang anda buat bebas dari spam.
- View your email in different email programs, opsi ini berfungsi untuk menampilkan kampanye email anda dibeberapa aplikasi email seperti Yahoo, Outlook, dan Gmail

miscellaneous_options
Menu Miscellaneous Options, yang berfungsi untuk mengaktifkan campaign sudah aktif atau tidak, maka pada kedua kolom harus diceklis aktif.
Kemudian klik “Save and Exit” untuk keluar dan ingin atau klik “save & keep editing” anda ingin menyimpan dan akan edit campaign.

Send an Email Campaign

who_do_you_want

Menu Send an Email Campaign berfungsi untuk mengirimkan email campaign yang telah anda buat. Pada tahap ini terdapat menu opsi yaitu “Who do you want to send to?” pada opsi ini anda bisa memilih salah satu pilihan yang telah tersedia.

select_a_contact

Pada tampilan menu Select a Contact List, anda bisa menceklis salah satu kontak email yang telah anda buat lalu klik tombol “Next”

email_campaign_settings

Pada tampilan menu Email Campaign Settings terdapat beberapa menu opsi berikut penjelasannya:

- Send This Emaill Campaign, pada opsi ini anda bisa memilih salah satu email campaign yang telah anda buat

- Send From This Name, pada opsi ini bisa anda isi untuk nama pengirim email, untuk opsi ini bisa anda rubah sesuai dengan kebutuhan anda

- Send From This Email Address, pada opsi ini anda isi dengan alamat pengirim email, untuk opsi ini bisa anda rubah sesuai dengan kebutuhan anda

- Send Reply Email to, pada opsi ini anda isi dengan alamat email mana yang akan anda pakai apabila audience yang ingin menjawab email campaign anda

- Send Bounced Email to, pada opsi ini akan tertera alamat email dimohon untuk tidak merubahnya

email_scheduling_settings
Pada tampilan Email Schedulling Setting terdapat 2 opsi, berikut penjelasannya:
- Send Your email Campaign now, anda bisa menceklis apabila anda ingin mengirim kampanye email anda sekarang atau anda bisa uncheklist maka akan tampil tampilan seperti berikut
 
send_your_email_campaign
 
Anda bisa setting tanggal dan jam berapa email campaign anda akan diBlast.
advanced_setting
Pada opsi Track link clicked in this email berfungsi untuk mentracking link anda berupa website anda,social media anda ke google analytic anda Untuk embed images as attachment wajib dichecklist dikarenakan fungsinya adalah untuk menampilkan image langsung di body email tanpa perlu download image pada email 
Setelah itu anda klik next,kemudian anda klik scheduled my email campaign,email anda akan terkirim ke semua alamat email yang ada dicontact list anda.
 
 
 

View Email Campaigns

Melihat email campaign yang telah anda buat, untuk memudahkan anda memantau progress campaign anda secara keseluruhan.

view_email_campaign

Menu View Email Campaigns berfungsi untuk menampilkan campaign-campaign yang telah anda buat. Pada menu ini terdapat beberapa tombol aksi yang ada di sebelah kanan, berikut penjelasannya:

- View, untuk menampilkan seperti apa bentuk design email template yang sudah anda buat

- Send, untuk mengirimkan email campaign anda

- Edit, untuk merubah tampilan email campaign anda

- Copy, untuk menggandakan email campaign anda

- Delete, untuk menghapus email campaign anda


thank_you_for_chosing

Kami telah mengirimkan Anda email aktivasi untuk akun DocoBlast
Mohon periksa email Anda

×